Sunday, August 13, 2017

Wifi Terdeteksi Tapi Tidak Tersambung (Windows is Unable to Connect to the Selected Network)

Kemarin saya dimintai tolong untuk instal ulang ASUS Eee PC series, keluhannya sih karena banyak program yang crash dan loading sangat lambat. Oke, karena saya juga lagi malas untuk ngecek sebab crash dan lemotnya, saya langsung instal ulang saja. hehe..instal ulang DONE!
wifi lancar, semua driver sudah terinstal. Saya kasih ke yang punya. Esoknya, dia datang ke saya dengan keluhan baru.. WIFInya tidak bisa nyambung, padahal kemarin sudah saya coba pada access point yang sama dan bisa.

Saya cek lagi, ternyata memang tidak bisa, di wireless network connectionnya muncul nama acces pointnya namun ketika disambungkan akan muncul peringatan windows was unable to connect to –network yang terseleksi-  , lalu saya berkesimpulan, “mungkin drivernya yang tidak cocok”. Saya download driver wireless dari website supportnya, tapi tetap saja gagal. Saya bingung, akhirnya saya coba iseng-iseng menghapus network tersebut dari Manage Wireless Network lalu saya sambungkan lagi layaknya laptop yang belum pernah tersambung ke network tersebut. BERHASIL!! haha… ini langkah-langkah yang saya lakukan. Sangat sederhana …
1. Masuk ke Control Panel\Network and Internet\Manage Wireless Networks 

 2. Pilih Access point yang bermasalah, klik Remove lalu klik yes, dengan begitu Access Point yang dipilih akan hilang dan memang itu tujuannya, hehe

 3.   Lalu kita sambungkan lagi laptop ke Acces Point tersebut, cara menghubungkannya sepeti biasa, sama persis seperti ketika anda menyambungkan ke Wifi yang belum pernah tersambung ke laptop anda.


4. Selesai.
Sekarang, laptop anda seharusnya sudah tersambung lagi dengan wifi yang tadinya bermasalah. Laptop yang saya ceritakan tadi sampai sekarang masih aman, tidak terputus atau rusak lagi sambungan wifinya.
Jika cara diatas masih belum berhasil, maka kemungkinan ada kerusakan lain di laptop anda atau Acces Pointnya. Coba cek beberapa kemungkinan berikut (saya co-pas dari windows forum)
  • tombol wireless network adapter mati/belum dinyalakan
  • Airplane mode menyala
  • Kabel yang tidak tersambung atau improperly connected (pada access point)
  • Salah memasukan kata kunci di  WEP, WPA, or WPA2
  • Mismatched wireless standards
  • Missing updates
  • Settingan network connection yang salah
  • Drivers yang rusak atau  incompatible
  • Hardware or software problems
Yep, semoga tips Wifi Terdeteksi Tapi Tidak Tersambung (Windows is Unable to Connect to the Selected Network) ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

loading...