Monday, August 14, 2017

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Update



Cara mengatasi Windows tidak bisa update | Kemarin setelah liburan akhir tahun, saya menggunakan kembali komputer kerja saya yang menggunakan Windows 7 di lab. komputer. Tidak ada masalah yang berarti, hanya perlu update anti virus saja. Saya gunakan komputer tersebut seperti bisaa. Tiba-tiba pada siang hari ada pemadaman listrik dari PLN, karena komputer saya menggunakan UPS jadi saya masih sempat untuk mematikannya secara aman melalui proses Shut Down. Namun yang menjadi masalah adalah proses update yang dilakukan oleh OS –komputer saya terhubung internet dan auto update memang saya aktifkan. Seperti yang kita tahu bahwa proses update windows tidak bisa dihentikan secara paksa, akhirnya saya menunggu proses tersebut dengan sumber listrik terbatas dari UPS. Karena file update yang lumayan banyak menjadikan proses update lama.


Ketika proses update sudah mencapai 90% tiba-tiba komputer tersebut mati karena daya pada UPS sudah habis (maklum, UPS lama..hehe). Akhirnya karena kebetulan jam kerja sudah hampir habis dan listrik juga belum menyala, saya tinggalkan komputer tersebut dengan perasaan was-was.

Esoknya, saya nyalakan kembali komputer tersebut dan menemukkan banyak error yang muncul di kotak-kotak peringatan pada desktop. Perubahan yang terasa adalah tampilan themes yang menjadi tema classic windows dan fitur windows update yang hilang. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengambil CD instalan Windows dan bermaksud untuk meng-upgrade OS tersebut. Setelah saya lakukan, ternyata CD instalan saya tidak bisa meng-upgrade karena versinya yang lebih lama daripada OS yang sudah terinstal –mungkin karena OS terinstal sudah pernah update, sehingga memiliki file terbaru. Saya juga sudah mencoba langkah repair yang ternyata tidak bisa dilakukan karena masalah versi yang tertinggal. Karena 2 hal tersebut tidak membuahkan hasil akhirnya saya menuju ke System Restore, untungnya Windows sudah membackup data sebelum terupdate.

            Untuk cara restore pada OS Windows bisa Anda lihat disini.

Setelah proses restore saya lakukan, tampilan OS sudah kembali seperti sediakala dan fitur windows update sudah bisa dibuka. Namun setelah saya cek kembali fungsi windows update, komputer tersebut memberikan pesan “Windows update cannot check for update because the service is not running. You may need to restart your computer”. Saya berkesimpulan bahwa masih ada kerusakkan pada system OS saya.

Ada 2 cara yang sudah saya lakukan, namun jujur, masalah saya ini belum teratasi.

Tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba cara ini, toh langkahnya juga gampang. Saya sarankan cara ini (walaupun untuk permasalahan saya tidak berhasil) karena di forum banyak yang berhasil menggunakan cara berikut ini. Oke langsung saja, inilah caranya :

Solusi 1: Gunakan software Microsoft Fix it

  1. Microsoft Fix it khusus dirancang oleh pihak Microsoft untuk mengatasi permasalahan dengan Windows update. Silahkan Anda download secara gratis Microsoft Fix It ini ke situs resminya, atau kunjungi link ini : http://support.microsoft.com/kb/2730071. 
  2. Jalankan Microsoft Fix it tool dan tekan Accept.
  3. Pilih “Detect problem and apply the fixes for me (Recommended)”.
  4. Pilih Windows Update untuk memperbaiki masalah ini dan tekan “Next”.
  5. Cek hasilnya, lalu tutup Fix It dan cek kembali Windows Updatenya.

Jika cara diatas belum membuahkan hasil/masih bermasalah, silahkan lakukan cara kedua dibawah ini :

Solusi 2 : Menggunakan fitur services.msc

  1. Silahkan tekan Windows key + R untuk membuka cmd/command box. 
  2. Ketikan services.msc dan tekan enter.
  3. Carilah Windows Update Service, lalu klik kanan dan pilih Stop.
  4. Tanpa menutup jendela Services, silahkan buka My Computer menuju ke folder C:Windows.
  5. Delete folder SoftwareDistribution (atau rename, contohnya diubah ke SoftwareDistributionOLD).
  6. Silahkan menuju ke Services lagi dan klik kanan pada Windows Update Service lalu pilih Start.
  7. Silahkan coba untuk mengupdate Windows Anda lagi.

Seharusnya dengan langkah kedua permasalahan Anda sudah teratasi (menurut forum).

Saya masih  akan mencari solusi untuk komputer saya, jika nanti ketemu akan saya tuliskan disini. Saya rasa OS saya sudah bermasalah karena proses update yang terputus, jadi penyelesaiannya agak susah atau mungkin tidak bisa. Namun, sampai saat ini komputer tersebut masih bisa saya gunakan seperti bisaa, tidak ada masalah sama sekali kecuali tidak bisa update saja. Hehe.

“Update : Kemarin saya nyalakan komputer tersebut dan ternyata melakukan proses update dengan sendirinya. Namun, saat saya menuju ke pilihan  Check for update tetap muncul peringatan “Windows update cannot check for update because the service is not running. You may need to restart your komputer”, update history juga tidak menunjukkan tanda-tanda baru di-update. Entahlah, saya masih belum tahu solusinya.”

Oke, jika Anda memiliki cara lain atau komentar dan mungkin saran solusi untuk permasalahan saya silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah artikel ini. Ya. Terimakasih :)

Nah, melihat pengalaman saya ini saya jadi mencari cara dan menemukan fakta bahwa ternyata Proses update yang bisaa muncul ketika shutdown atau restart tersebut bisa di atur, jadi tidak akan terjadi seperti yang saya alami. Cara mengaturnya akan saya tulis di artikel selanjutnya. Sekian artikel mengenai cara mengatasi Windows yang tidak bisa update, semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

loading...