Monday, August 14, 2017

Trik Menjadikan Internet Lebih Cepat



Trik Menjadikan Internet Lebih Cepat  - Jaringan internet merupakan sesuatu yang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, bahkan di masyarakat Indonesia. Namun, sangat disayangkan kecepatan internet di Indonesia termasuk dalam kelas lambat jika dibandingkan dengan negara-negara di ASIA apalagi dunia.

Hal ini menurut Mark Zuckerberg, Bos Facebook, diambil dari Tekno.kompas.com merupakan dampak dari ketidak efisiensian data konten online di Indonesia. Lalu, saya mulai mencari-cari di internet tentang apa yang bisa kita lakukan untuk permasalahan ini. Akhirnya saya menemukan beberapa trik yang dapat mempercepat internet kita, atau paling tidak menambah sedikit kecepatannya.

Inti dari trik yang akan saya tuliskan ini adalah memusatkan sinyal dengan bantuan aluminium pada perangkat kita. Mungkin meniru teknologi wajanbolic yang menggunakan wajan sebagai antenanya, beberapa cara berikut ini juga menggunakan benda-benda yang mudah didapat. Banyak cara yang akan saya tulis dan tidak semua saya coba, saya hanya akan mengumpulkan dan menulis ulang cara-cara yang saya temukan di internet supaya lebih ringkas menjadi satu artikel.
Oya, beberapa cara ini berfungsi untuk perangkat yang terhubung dengan jaringan nirkabel seperti wifi, modem dan smartphone.


1. Hindari ruangan tembok beton
Jika anda berada di dalam ruangan tembok beton, anda akan susah mendapatkan sinyal karena tembok tersebut menghalangi sinyal ke perangkat anda kecuali didalam ruangan tersebut terdapat wifi.
2. Jauhi dari perangkat elektronik lain
Tidak hanya router lain yang dapat menggangu kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik seperti microwave juga dapat menggangu kualitas sinyal menuju perangkat anda. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menjauhkan perangkat anda dari alat-alat elektronik tersebut.
3. Menggunakan kaleng minuman bekas
Sinyal wifi menggunakan udara sebagai penghantarnya, agar sinyal tidak menyebar maka kaleng bekas berbahan aluminium akan sangat membantu. Manfaat kaleng bekas adalah untuk menentukan tujuan sinyal tersebut,. Selain dengan kaleng minuman anda juga dapat memakai panci atau aluminium foil. Caranya adalah sebagai berikut :
a. Potong bagian bawah kaleng.
b. Potong bagian atas kaleng namun jangan sampai putus. Cukup sisakan beberapa sentimeter.
c. Lalu potong kaleng tersebut secara vertikal, potongan disesuaikan dengan lubang minum diatas kaleng. Lebih baik potonglah berhadap-hadapan dengan libang minum.
d. Bentangkan bagian kaleng yang telah terpotong untuk membentuk sebuah antena.
e. Taruh/ kaitkan bagian lubang minum pada antena modem atau AP.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut

4. Reboot atau restart secara berkala
Cara ini sering digunakan pada smartphone, namun ternyata dapat dipakai juga pada router. Jika dipakai dalam waktu yang lama routerpun sering mengalami masalah, maka melakukan reboot atau restart router akan membantu agar kondisi router tersebut tetap prima.
5. Memakai Seng
Menggunakan seng aluminium dapat membantu perangkat menangkap sinyal lebih bagus, caranya cukup taruh seng sebagai alas perangkat penangkap sinyal anda. Logikanya lebih lebar penampang seng daripada perangkat anda maka sinyal yang di dapat akan semakin kuat.
Masih banyak Trik Menjadikan Internet Lebih Cepat dengan benda-benda di sekitar kita, jika masih penasaran, silahkan lanjutkan membaca lanjutan dari artikel ini disini atau Cara Menjadikan Internet Lebih Cepat bagian 2. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

loading...