Wednesday, August 16, 2017

Cara melacak dan menemukan handphone Android yang hilang melalui Google dashboard

 


Kesal, hawatir dan panik. Mungkin itu yang dirasakan saat kita sadar bahwa handphone kesayangan atau tab kita hilang. Kitapun mondar-mandir, menguras isi tas, buka tutup laci, bolak-balik bantal dan sebagainya. Wah seolah-olah kita adalah seorang penggeledah dari kepolisian yang sedang mencari barang bukti kejahatan di TKP.

Apakah handphone atau tab anda menggunakan OS Android? Apakah paket internetnya aktif? Apakah GPS dalam mode ON? Dan yang pasti adalah apakah handphone Anda dalam kondisi ON? Jika ya, mungkin Anda masih punya kesempatan untuk menemukan kembali handphone itu.
Yang harus Anda lakukan adalah membuka browser di laptop atau komputer Anda dan masuk ke alamat ini https://www.google.com/settings/dashboard. Login-lah menggunakan akun gmail Anda, dan Anda akan masuk ke laman dashboard google. Di sinilah Anda dapat mengatur semua layanan akun google pribadi Anda.

 Di dalam halaman ini, carilah layanan Android dan klik tulisan Android untuk melihat detail spesifikasi handphone android Anda, dan Anda akan menemukan daftar peralatan android yang dimiliki.
Tetapi bukan ini tujuan utama kita. yang akan kita lakukan sesungguhnya adalah klik Manage active devices, dan anda akan dibawa ke halaman Android Device Manager.

 Pilih type handphone atau tab Anda yang hilang, dan tunggu beberapa saat, Google akan menemukan lokasi handphone Anda pada saat terkahir kali aktif. Apabila perkiraan hilangnya tidak jauh dari posisi Anda berada saat ini, Anda dapat klik "Ring", dan handphone Anda akan berdering kencang meskipun sebelumnya handphone dalam kondisi silent. Ok, sekarang anda bisa menemukan handphone Anda dengan mencari sumber suara deringan ringtone Anda yang cukup keras tanpa harus banyak mengobrak-abrik barang-barang.

6 comments:

loading...